Musik Marawis

Enak dan Serunya Memainkan Musik Marawis


Marawis tidak jauh beda dengan alat musik hadroh yang lebih dikenal oleh masyarakat betawi dengan rebana hadroh, begitu pula marawis adalah alat musik nasyid yang sering diperdengarkan atau dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu atau nasyid yang bernuansakan sholawat kepada Nabi Muhammad dan juga puji-pujian kepada Allah.

Musik marawis sudah sangat lama sekali dikenal oleh masyarakat betawi, karena kebetulan ini adalah alat music yang paling sangat digemari hingga kini, dan juga hadroh yang akhir-akhir ini mulai digemari oleh banyak kalangan khususnya di daerah-daerah yang berbasis Islam seperti kebanyakan masyarakat betawi pada umumnya dan Islam pada khususnya akan terasa lebih nikmat dan nyaman ketika dalam suatu acara-acara resmi seperti, kawinan atau pernikahan, khitanan, peringatan maulid nabi dan lain sebagainya akan seru dan semangat juga menambah kesemarakan suasana dalam memanjatkan puji-pujian dan sholawat.

Satu set perlengkapan alat musik marawis sangat beragam dan banyak yang kalo dihitung secarapersonel lengkap harus ada sekitar 12 orang, diantaranya, bagian marawis yang berjumlah 8, hajir 1 buah, kemudian 2 dumbuk yaitu dumbuk pinggang dan dumbuk batu, dan kemudian simbal. Harga satu set alat musik marawis sangatlah bervariasi mulai dari 1.5 juta, 2 juta, 3 juta bahkan ada yang sampai 6 juta per setnya jika ditambah dengan tambahan alat-alat lain, tergantung peminat. Ada beberapa tempat pengrajin alat-alat musik yang bernuansa Islami tersebut diantaranya; Jepara, Jepara adalah penghasil pertama alat-alat musik yang bernuansa ukir dan sangat terkenal dengan ukirannya untuk jenis pekerjaan apapun, kemudian Semarang, Tegal, Rembang dan masih banyak lagi tempat di Jawa Tengah, kemudian di Jawa Barat ada di Cirebon, Bandung, Bogor, dan ada pula yang di daerah Jakarta, semua itu mempunyai cirri khas masing-masing dan punya kualitas masing-masing.

Banyak sekali group marawis yang sangat terkenal baik di Jakarta maupun di jawa barat dan Jawa Tengah, dari mulai yang personelnya terdiri dari anak umur 12 tahun kebawah, 12 tahun keatas dan ada pula yang orang seumuran 25-30an, namun tetap selalu enak dinikmati.

Mencoba memainkan alat musik marawis adalah suatu keunikan dan kenikmatan tersendiri, kita tidak akan merasakan nikmat jika belum mencoba, bagi yang berminat dan ingin merasakan nikmatnya bermain musik dengan alat musik marawis silahkan mencoba sedikit demi sdikit akan merasakan nikmat dengan alunan musik marawis. (Syukur)

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...